09 Februari 2016

Klasifikasi Jaringan komputer

Berdasarkan jangkauan lokasi, jaringan dibedakan ke dalam beberapa jenis, antara lain sebagaimana berikut:

1) Local Area Network (LAN)
LAN merupakan jaringan yang menghubungkan sejumlah komputer yang ada dalam suatu lokasi dengan area yang terbatas, seperti ruang ataupun gedung. LAN dapat menggunakan media komunikasi seperti kabel ataupun tanpa kabel (wireless).

LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer pribadi dengan workstation dalam kantor untuk pemakaian sumber daya (resource) bersama.

Skema Jaringan LAN (sumber gambar)

 2) Metropolitan Area Network (MAN)
MAN merupakan jaringan yang lebih luas dari jaringan LAN tetapi lebih kecil dari jaringan WAN. Jaringan MAN dan jaringan WAN sama-sama menghubungkan beberapa LAN, namun yang membedakan hanya pada lingkup areanya yang berbeda.

Skema Jaringan MAN (sumber gambar)

3) Wide Area Network (WAN)
WAN merupakan jaringan antara LAN satu dengan LAN lain yang dipisahkan oleh lokasi yang cukup jauh. Semisal penggunaan WAN dalam hubungan antara kantor pusat dengan kantor cabang suatu perusahaan yang ada di daerah-daerah.

Adapun perangkat-perangkat yang digunakan dalam jaringan WAN seperti halnya Router, ATM Switch, Modem, CSU/DSU, Communication Server, Multiplexer, X.25/Frame Relay Switches.

Skema Jaringan WAN (sumber gambar)
  
Keterangan:
Tulisan di atas disarikan dari buku: "Sopandi, Dede. (2010). Instalasi Dan Konfigurasi Jaringan Komputer (Cetakan Kedua). Bandung: Informatika."

Silahkan kasih komentar dan mohon cantumkan blog pribadinya juga! Terima Kasih...